Oleh : Faizah Rukmini., S.Pd
(Pemerhati Perempuan, Generasi & Keluarga)
Kini sistem pemerintahan Islam yakni Khilafah, menjadi topik pembicaraan diberbagai kalangan lokal hingga dunia internasional. Penguasa, Kaum intelektual hingga kalangan masyarakat sipil. Mulai yang pro hingga yang kontra khilafah.
Di Indonesia, Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan khilafah merupakan ajaran islam yang tak perlu ditakuti. Din menilai khilafah merupakan salah satu bagian dari ajaran islam yang berasal dari Alquran. (https://m.kumparan.com/@ kumparannews/din-syamsuddin- khilafah-ajaran-islam-yang- tak-perlu-ditakuti- 1541244484755458588)
Dilansir JawaPos.com – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono menuturkan, ada perbedaan mendasar di Pemilu kali ini dengan periode sebelumnya. Yakni, adanya pertarungan ideologi Pancasila melawan Khilafah.
Bukan yang pertama kali, Begitu besarnya pengaruh kekuatan Khilafah dihadapan ideologi kufur dunia, sekulerisme dan Komunisme. Menjadikan musuh-musuh kaum muslimin berupaya untuk menghadang dan menghentikan arus dakwah syariat islam & khilafah. Terlebih saat gejolak dunia kini telah dihadapi berbagai negara dan ummat pun semakin merasakan keterpurukan akibat penerapan ideologi kufur.
Bagaimana mendudukkan perkara Khilafah ini?
Setiap muslim harus mendudukkan setiap masalah sesuai dengan pandangan Aqidah Islam, yakni Al Quran dan Hadist. Begitupula dengan Khilafah. Ummat perlu memahami bahwa Islam sebagai agama politik spiritual memiliki konsep bernegara. Qualified Didalam Al Quran dan hadis banyak dijelaskan tentang perkara pemerintahan. Sehingga dengan jelasnya dalil mengenai sistem pemerintahan islam, khilafah tidak boleh dikriminalisasi atau distigma negatif.
Khilafah Janji Allah dan Bisyarah Rasulullah
Firman Allah swt dalam Al Quran;
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah Dia ridhai (Islam). Dan Dia benar-benar akan mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. An-Nur; 24:55)
Al-Imâm As-Sa’di rahimahullâh (wafat: 1376-H) mengatakan:
وَلاَ يَزَالُ الْأَمْرِ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةٍ، مُهِمًّا قَامُوْا بِالْإِيْمَانِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ، فَلَّا بُدَّ أَنْ يُوْجَدُ مَا وَعَدَهُمُ الله، وَإِنَّمَا يُسَلِّطُ عَلَيْهِمُ الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِيْن، ويُديلهم فِي بَعْضِ الْأَحْيَانِ، بِسَبَبِ إِخْلَالِ الْمُسْلِمِيْنَ بِالْإِيْمَانِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ.
“(Janji Allâh dalam ayat ini) akan senantiasa berlaku sampai hari kiamat, selama mereka (kaum muslimin) menegakkan iman dan amal shalih. Diraihnya apa yang telah dijanjikan Allâh, adalah sebuah kepastian. Kemenangan orang-orang kafir dan munafik pada sebagian masa, serta berkuasanya mereka di atas kaum muslimin, tidak lain disebabkan oleh pelanggaran kaum muslimin dalam iman dan amal shalih.” [Tafsîr as-Sa’di hal. 573].
Dalam hadist;
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ: كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَ بَشِيرٌ رَجُلًا يَكُفُّ حَدِيثَهُ، فَجَاءَ أَبُو ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيُّ، فَقَالَ: يَا بَشِيرُ بْنَ سَعْدٍ أَتَحْفَظُ حَدِيثَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِي الْأُمَرَاءِ ؟ فَقَالَ حُذَيْفَةُ: أَنَا أَحْفَظُ خُطْبَتَهُ، فَجَلَسَ أَبُو ثَعْلَبَةَ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَ اجِ النُّبُوَّةِ، فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا ، فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً ، فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَ اجِ نُبُوَّةٍ ” ثُمَّ سَكَتَ. رواه أحمد
Dari Nu’man bin Basyir, ia berkata, “Kami sedang duduk di dalam Masjid bersama Nabi saw, –Basyir sendiri adalah seorang laki-laki yang suka mengumpulkan hadits Nabi saw. Lalu, datanglah Abu Tsa’labah al-Khusyaniy seraya berkata, “Wahai Basyir bin Sa’ad, apakah kamu hafal hadits Nabi saw yang berbicara tentang para pemimpin? Hudzaifah menjawab, “Saya hafal khuthbah Nabi saw.” Hudzaifah berkata, “Nabi saw bersabda, “Akan datang kepada kalian masa kenabian, dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Kemudian, Allah akan menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa Kekhilafahan ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah; dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang kepada kalian, masa raja menggigit (raja yang dzalim), dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa raja diktator (pemaksa); dan atas kehendak Allah masa itu akan datang; lalu Allah akan menghapusnya jika berkehendak menghapusnya. Kemudian, datanglah masa Khilafah ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah (Khilafah yang berjalan di atas kenabian). Setelah itu, beliau diam” (HR. Imam Ahmad)
Maka sejak Rasulullah menegakkan Daulah Islam pertama di Madinah maka sempurnalah kepememimpinan Islam yang dibangun berlandaskan Aqidah Islam. Allah telah menunjukkan kepada Ummat bahwa Islam agama sempurna dan diridhoi. Hingga berlangsungnya sistem pemerintahan islam dimasa Khulafaurrasydin hingga
Kekhilafahan pernah hadir di tengah kaum muslimin.
Khilafah ajaran Islam. Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim di dunia. Khilafah bertanggung jawab menerapkan hukum islam dan menyebarkan risalah islam keseluruh penjuru dunia. Khilafah janji Allah dan Kabar Gembira Rasul, pasti datang dan menjadisolusi bagi manusia.
Kaum muslimin diberbagai belahan dunia kini mulai menyadari dan bergerak untuk mengembalikan kehidupan islam dibawah kepemimpinan Ideologi Islam.
Ditengah gejolak persoalan yang dihadapi kaum muslim dan respon positif ummat maka satu satunya solusi adalah menerapkan kepemimpinan Islam dalam bingkai khilafah. Menerapkan seluruh islam secara kaffah dalam berbagai bidang, Politik, Ekonomi, Sosial, Pendidikan, Kesehatan dan lainnya.
Wallahu a'lam bi shawab.
(Pemerhati Perempuan, Generasi & Keluarga)
Kini sistem pemerintahan Islam yakni Khilafah, menjadi topik pembicaraan diberbagai kalangan lokal hingga dunia internasional. Penguasa, Kaum intelektual hingga kalangan masyarakat sipil. Mulai yang pro hingga yang kontra khilafah.
Di Indonesia, Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan khilafah merupakan ajaran islam yang tak perlu ditakuti. Din menilai khilafah merupakan salah satu bagian dari ajaran islam yang berasal dari Alquran. (https://m.kumparan.com/@
Dilansir JawaPos.com – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono menuturkan, ada perbedaan mendasar di Pemilu kali ini dengan periode sebelumnya. Yakni, adanya pertarungan ideologi Pancasila melawan Khilafah.
Bukan yang pertama kali, Begitu besarnya pengaruh kekuatan Khilafah dihadapan ideologi kufur dunia, sekulerisme dan Komunisme. Menjadikan musuh-musuh kaum muslimin berupaya untuk menghadang dan menghentikan arus dakwah syariat islam & khilafah. Terlebih saat gejolak dunia kini telah dihadapi berbagai negara dan ummat pun semakin merasakan keterpurukan akibat penerapan ideologi kufur.
Bagaimana mendudukkan perkara Khilafah ini?
Setiap muslim harus mendudukkan setiap masalah sesuai dengan pandangan Aqidah Islam, yakni Al Quran dan Hadist. Begitupula dengan Khilafah. Ummat perlu memahami bahwa Islam sebagai agama politik spiritual memiliki konsep bernegara. Qualified Didalam Al Quran dan hadis banyak dijelaskan tentang perkara pemerintahan. Sehingga dengan jelasnya dalil mengenai sistem pemerintahan islam, khilafah tidak boleh dikriminalisasi atau distigma negatif.
Khilafah Janji Allah dan Bisyarah Rasulullah
Firman Allah swt dalam Al Quran;
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah Dia ridhai (Islam). Dan Dia benar-benar akan mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. An-Nur; 24:55)
Al-Imâm As-Sa’di rahimahullâh (wafat: 1376-H) mengatakan:
وَلاَ يَزَالُ الْأَمْرِ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةٍ، مُهِمًّا قَامُوْا بِالْإِيْمَانِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ، فَلَّا بُدَّ أَنْ يُوْجَدُ مَا وَعَدَهُمُ الله، وَإِنَّمَا يُسَلِّطُ عَلَيْهِمُ الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِيْن، ويُديلهم فِي بَعْضِ الْأَحْيَانِ، بِسَبَبِ إِخْلَالِ الْمُسْلِمِيْنَ بِالْإِيْمَانِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ.
“(Janji Allâh dalam ayat ini) akan senantiasa berlaku sampai hari kiamat, selama mereka (kaum muslimin) menegakkan iman dan amal shalih. Diraihnya apa yang telah dijanjikan Allâh, adalah sebuah kepastian. Kemenangan orang-orang kafir dan munafik pada sebagian masa, serta berkuasanya mereka di atas kaum muslimin, tidak lain disebabkan oleh pelanggaran kaum muslimin dalam iman dan amal shalih.” [Tafsîr as-Sa’di hal. 573].
Dalam hadist;
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ: كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَ بَشِيرٌ رَجُلًا يَكُفُّ حَدِيثَهُ، فَجَاءَ أَبُو ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيُّ، فَقَالَ: يَا بَشِيرُ بْنَ سَعْدٍ أَتَحْفَظُ حَدِيثَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِي الْأُمَرَاءِ ؟ فَقَالَ حُذَيْفَةُ: أَنَا أَحْفَظُ خُطْبَتَهُ، فَجَلَسَ أَبُو ثَعْلَبَةَ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَ
Dari Nu’man bin Basyir, ia berkata, “Kami sedang duduk di dalam Masjid bersama Nabi saw, –Basyir sendiri adalah seorang laki-laki yang suka mengumpulkan hadits Nabi saw. Lalu, datanglah Abu Tsa’labah al-Khusyaniy seraya berkata, “Wahai Basyir bin Sa’ad, apakah kamu hafal hadits Nabi saw yang berbicara tentang para pemimpin? Hudzaifah menjawab, “Saya hafal khuthbah Nabi saw.” Hudzaifah berkata, “Nabi saw bersabda, “Akan datang kepada kalian masa kenabian, dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Kemudian, Allah akan menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa Kekhilafahan ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah; dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang kepada kalian, masa raja menggigit (raja yang dzalim), dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa raja diktator (pemaksa); dan atas kehendak Allah masa itu akan datang; lalu Allah akan menghapusnya jika berkehendak menghapusnya. Kemudian, datanglah masa Khilafah ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah (Khilafah yang berjalan di atas kenabian). Setelah itu, beliau diam” (HR. Imam Ahmad)
Maka sejak Rasulullah menegakkan Daulah Islam pertama di Madinah maka sempurnalah kepememimpinan Islam yang dibangun berlandaskan Aqidah Islam. Allah telah menunjukkan kepada Ummat bahwa Islam agama sempurna dan diridhoi. Hingga berlangsungnya sistem pemerintahan islam dimasa Khulafaurrasydin hingga
Kekhilafahan pernah hadir di tengah kaum muslimin.
Khilafah ajaran Islam. Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim di dunia. Khilafah bertanggung jawab menerapkan hukum islam dan menyebarkan risalah islam keseluruh penjuru dunia. Khilafah janji Allah dan Kabar Gembira Rasul, pasti datang dan menjadisolusi bagi manusia.
Kaum muslimin diberbagai belahan dunia kini mulai menyadari dan bergerak untuk mengembalikan kehidupan islam dibawah kepemimpinan Ideologi Islam.
Ditengah gejolak persoalan yang dihadapi kaum muslim dan respon positif ummat maka satu satunya solusi adalah menerapkan kepemimpinan Islam dalam bingkai khilafah. Menerapkan seluruh islam secara kaffah dalam berbagai bidang, Politik, Ekonomi, Sosial, Pendidikan, Kesehatan dan lainnya.
Wallahu a'lam bi shawab.
Komentar
Posting Komentar